Mahasiswa PBIS FKIP UT Raih Juara III pada Lomba Debat Bahasa Inggris FORKOM FKIP 2025
Mahasiswa PBIS FKIP UT Raih Juara III pada Lomba Debat Bahasa Inggris FORKOM FKIP 2025
PBIS FKIP UT, Tanjungpinang — Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBIS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka, berhasil meraih Juara III dalam Lomba Debat Bahasa Inggris pada rangkaian kegiatan Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia Tahun 2025.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) pada Jumat (31/10/2025) di FKIP UMRAH, Tanjungpinang.
Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi akademik antar mahasiswa FKIP se-Indonesia yang bertujuan melatih kemampuan berpikir kritis, penyusunan argumentasi, dan komunikatif dalam bahasa Inggris. Pada babak final, empat tim berhasil lolos sebagai finalis, yaitu dari Universitas Mataram (UNRAM), Universitas Riau (UNRI), Universitas Halu Oleo, dan Universitas Terbuka (UT).
Pada hasil akhir penjurian, Universitas Mataram (UNRAM) dinobatkan sebagai Juara I, diikuti oleh Universitas Riau (UNRI) sebagai Juara II, dan Universitas Terbuka (UT) meraih Juara III. Capaian ini menunjukkan tingkat kompetitif dan kualitas argumentatif mahasiswa FKIP dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
UT diwakili oleh Satria Adi Pamungkas, mahasiswa Semester 7 dari UT Purwokerto dan Ichya Ulumudin, mahasiswa Semester 6 dari UT Bandung.
Keduanya terpilih sebagai perwakilan setelah berhasil menjadi finalis Lomba Debat Disporseni UT 2025, sehingga mendapatkan mandat untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional tersebut.
Partisipasi mahasiswa PBIS FKIP UT dalam kegiatan ini menjadi wujud komitmen dalam peningkatan kompetensi akademik, pematangan karakter ilmiah, dan penguatan jejaring antarperguruan tinggi.
Selain itu, ajang ini juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menginternalisasi kemampuan komunikasi akademik dan kerja sama tim secara profesional.
Kegiatan lomba debat berlangsung dengan lancar dan disambut antusias oleh seluruh peserta dan pendamping. Melalui kegiatan ini, FORKOM FKIP 2025 menegaskan kembali perannya dalam mendorong penguatan kualitas calon pendidik dan akademisi yang adaptif, kritis, dan berdaya saing di era global. (*)
